Nov 072010
 

pohon pinus by Zachri

Pohon ternyata memiliki kemampuan menyerap polutan di udara lebih banyak daripada perkiraan. Demikian hasil penelitian kolaborasi antara ahli genetika tumbuhan dan ilmuwan yang mempelajari udara. Hasil penelitian ini akan dilaporkan pada Science Express edisi 21 Oktober.

Untuk melakukan penelitian ini, Thomas Karl dari National Center for Atmospheric Research, Amerika Serikat, meletakkan suatu alat berukuran mesin cuci di beberapa hutan terpencil di seluruh dunia. “Tujuan kami menganalisis udara di tempat terpencil adalah untuk mendapatkan gambaran yang benar-benar natural,” kata Karl.

Penelitian itu mengungkapkan kalau tanaman yang secara berkala memperbarui daunnya menyerap sepertiga polutan, yang sudah tercampur dengan oksigen, lebih banyak. Polutan tersebut biasanya dihasilkan oleh hasil pembakaran.

Hasil penelitian ini berguna untuk mengetahui berbagai isu lingkungan di seluruh dunia. Hasil ini juga bisa dipakai untuk membangun model sistem Bumi yang berkaitan dengan pemanasan global. “Bisa juga dipakai sebagai model untuk membersihkan udara kota,” kata Chhandak Basu dari University of Northen Colorado, Amerika Serikat, kepada Discovery News.

Sumber: Discovery News

  One Response to “Tanaman serap polusi lebih banyak dari perkiraan”

  1. Ya, mungkin karena itu

     

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>